Minggu, 10 Juni 2012

ringkasan media pembelajaran

          KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN SD


Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat. Dengan demikian berarti tidak semua hasil pengolahan data tersebut dapat menjadi informasi, hasil pengolahan data yang tidak memberikan makna atau arti serta tidak bermanfaat bagi seseorang bukanlah merupakan informasi bagi orang tersebut. Dalam hal ini, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Informasi merupakan hasil pengolahan data
2. Memberi makna atau arti
3. Berguna atau bermanfaat.
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan.
Secara sederhana ”teknologi informasi” dapat dikatakan sebagai ilmu yang diperlukan untuk mengolah informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat. Isi dari ilmu tersebut dapat berupa prosedur, cara-cara dan teknik-teknik untuk menumpulkan, menyimpan, mengolah atau menelusuri informasi secara efisien dan efektif. Dengan kata lain, teknologi informasi adalah serangkaian tahapan penanganan informasi yang meliputi penciptaan informasi, pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan transmisi informasi, penerimaan informasi secara selektif, penyimpanan dan penelusuran informasi, dan penggunaan informasi.
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses, yaitu suatu proses pengoperan dan penerimaan lambang-lambang yang mengandung makna. Maksudnya bahwa makna lambang dalam perjanjian umum, baik oleh pihak pemakai lambang (komunikator) maupun oleh pihak penerima lambang (komunikan), diartikan sama. Dalam hubungan ini Schramm (Sudjana dan Rivai, 1989) menjabarkan penegrtian umum komunikasi itu ke dalam tiga kategori pokok dengan beberapa istilah khasnya yaitu sebagai berikut.
encoder ( penyandi )      sign/signal ( tanda lambang )      decorder (pemecah sandi).
Teknologi komunikasi adalah teknologi komunikasi adalah ”peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, mengolah, dan saling bertukar informasi dengan individu lain. Dalam hal ini, berarti bahwa teknologi komunikasi berkaitan erat dengan informasi.
Dilihat dari masing-masing konsep baik tentang teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Dari kedua konsep teknologi tersebut, ada yang membedakan antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi dianggap mencakup pengertian yang lebih luas, termasuk sistem, saluran, perangkat keras dan perangkat lunak dari komunikasi modern. Sedangkan teknologi informasi merupakan bagian dari pengertian teknologi komunikasi. Akan tetapi, dalam penggunaan sehari-hari kedua istilah tersebut seringkali diucapkan dalam nafas yang sama, karena pengertian yang terkandung pada masing-masing istilah tersebut memang saling berkaitan satu sama lain.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, sejak lama telah dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Seperti penemuan kertas, mesin cetak, radio, video taperecorder, flm, televisi, overhead projector, dan komputer telah dimanfaatkan dalam proses pendidikan. Pada hakikatnya alat-alat tersebut tidak dibuat khusus untuk keperluan pendidikan, akan tetapi alat-alat tersebut ternyata dapat dimanfaatkan dalam proses pendidikan, bahkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisien pelaksanaan proses pendidikan. Selain alat-alat tersebut, yang pada umumnya tidak dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan, tetapi terdapat pula alat-alat yang secara khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan. Baik alat-alat yang tidak dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan tetapi dapat dimanfaatkan dalam proses pendidikan, juga alat-alat yang dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan dikategorikan sebagai teknologi pendidikan.
Komputer memiliki perkembangan yang cukup panjang. Abacus adalah sebuah hitung alat sebagai cikal bakal lahirnya komputer. Selanjutnya perkembangan komputer lebih dikenal dengan 4 generasi, yaitu generasi yang pertama diperkenalkan pada tahun 1956, generasi ke dua diperkenalkan pada tahun 1958 sampai dengan tahun 1963. Sedangkan komputer generasi ketiga diperkenalkan pada tahun 1963 sampai tahun 1971 dan yang terakhir komputer generasi ke empat diperkenalkan pada tahun 1971 sampai sekarang. Setiap generasi memiliki karakteristik yang berbeda, yang perkembangan dari generasi-generasinya semakin canggih dapat memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya.
Cara yang baik menghidupkan komputer yaitu : (1) terlebih dulu memasang komponen-komponen komputer seperti mouse, keyboard, monitor dan sebagainya. (2) menghubungkan komputer dan monitor dengan kabel listrik. (3) menunggu Windows terbuka (4) Memuali membuka program. Cara mematikan komputer yang benar adalah : keluar dari program yang sedang digunakan dengan menekan exit, menutup windows dengan menekan Shut_Down dan setelah Windows tertutup, matikan power monitor.
Dalam bidang pendidikan, komputer sebagai hasil teknologi modern sangat membuka kemungkinan-kemungkinan yang besar untuk menjadi alat pendidikan. Khususnya dalam pembelajaran, komputer dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu, komputer dapat juga digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep. Hal ini sangat memungkinkan, karena komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks, suara, warna, gambar, gerak, dan video, serta memuat suatu kepintaran yang sanggup menyajikan proses interaktif.
Terdapat beberapa model pembelajaran berbantuan komputer, yaitu (1) model latihan dan praktek (drill and practice), (2) model tutorial (tutorials), (3) model penemuan (problem solving), (4) model simulasi (simulations), dan (5) model permainan (games). Untuk itu, agar guru dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis komputer dalam pembelajaran, maka diperlukan keterampilan dari pihak guru serta sikap positif terhadap kemajuan tersebut. Mengingat, betapa pun majunya teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer, senantiasa memerlukan peran guru, sekalipun mengubah peran guru.
Output (  hasil )
 
sesuai dengan sifat-sifat yang dimilikinya, komputer dapat didefinisikan sebagai peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif yang berkerja berdasarkan sistem, seperti bagan dibawah ini:
Proses dalam memori
 
Input ( masukan berupa data )
 
                                                           
                                                                                                           















1.       Monitor
2.       Mouse
3.       Printer
4.       Scanner
5.       LCD
6.       Digital kamera
7.       Speaker
8.       Touch screen
 


 

Keyboard
 
CPU
 
                                                                                                                                               
  



Komputer sebagai peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat keras
(hardware) yang memiliki kemampuan untuk digunakan membantu tugas manusia dengan cara menerima dan mengolah data yang dimasukkan menjadi informasi berdasarkan program yang dimiliki, yang kemudian hasilnya ditampilkan atau disimpan atau dikirimkan melelui perangkat keluar.
Software merupakan kumpulan program-program yang digunakan untuk menjalankan komputer. Sedangkan yang dimaksud dengan program adalah serangkaian instruksi atau perintah kepada komputer yang dilakukan secara sistematis. Sofware dikelompokan ke dalam dua kelompok, yakni kelompok sistem software dan kelompok sopftware aplikasi. Kelompok sistem software merupakan software yang digunakan untuk mengendalikan jalannya komponen sistem komputer yang terdiri dari sistem operasi. Sedangkan software aplikasi merupakan software yang siap digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu, yang siap melayani kepentingan umum.
Sumber daya manusia (brainware) merupakan bagian terpenting dari komponen komputer dan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam hal ini sumber daya manusia terlibat dalam berbagai peran, seperti ada yang berpearn sebagai perancang, pemogram, dan juga sebagai pengguna.
Untuk memahami MS.Word, Anda harus memahami terlebih dulu beberapa fungsi tombol yang terdapat pada MS.Word, yaitu : Taskbar, baris judul atau tittle bar, baris menu atai icon control menu, baris menu, text area, tempat mengolah teks, mouse, pointer, role penggulung, ruler atau garis dan sebagainya.
Dalam MS Word terdapat daftar menu, yang di antaranya adalah : menu file, menu edit, menu view, menu insert, menu format, menu tools, menu table, menu window, dan menu help. Masing-masing menu tersebut, mempunyai fungsi yang berbeda. Seperti : menu edit berfungsi untuk mengoreksi, memperbaiki perintah-perintah yang dilakukan, seperti terdapat Undo, Rendo, Cut, Paste, Paste Special, Find, Replace, Go To, dan Select All.
Untuk memulai pengetikan naskah dapat dilakukan dengan cara menekan tombol file, pilih new, sedangkan untuk membuka file yang sudah ada, dapat dilakukan dengan memilih file, kemudian open file. Sedangkan menyimpan file pada hardist atau disket dapat dilakukan dengan memilih menu file, pilih save, kemudian berikan nama file selanjutnya tekan save.
Mencetak dokumen dapat dilakukan dengan memilih menu file, kemudian pilih print. Pada kotak dialog print selanjutnya pilih jenis printer, halaman yang akan dicetak dan seberapa banyak dokumen itu akan di cetak.
Program pengolah angka (Excel XP) dapat digunakan untuk kepentingan menghitung jumlah, mengurangi, membagi, mengalikan angka-angka yang ditulis dalam Spreed Sheet¸ (halaman kerja pada Microsoft Excel). Selian itu juga bisa digunakan untuk memudahkan penerapan rumus dan statistika seperti untuk mencari rata-rata, jumlah, membuat grafik dan sejenisnya.
Aplikasi Microsoft Excel xp memiliki kelebihan dalam hal analysis, kemudahan bahasa pemrograman, rumus-rumus aplikasi yang mudah dioperasikan, juga tampilannya yang friendly (bersahabat) dengan user.
Penggunaan program Microsoft Excel xp sangat membantu kita untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan analisis data statistik. Melalui pemanfaatan fasilitas icon dan prosedur yang dimiliki oleh Microsoft excel XP ini, kita dapat membuat perhitungan dengan rumus statistika mulai dari mencari Rata-rata, Nilai Tertinggi dan Nilai Terendah.
Microsoft Excel Xp merupakan program aplikasi spreadsheet yang digunakan untuk menghitung, menganalisis dan mengolah data dan angka serta membantu kita mempresentasikan data, selain itu program atau software ini dikembangkan untuk kemudahan dalam bidang matematika.
Elemen dasar dari Microsoft Excel Xp adalah
                        Taskbar, Icon, Icon control menu (control menu icon), Tombol ukuran (sizing button), Baris judul (tittle bar), Baris menu (menu bar), Scroll bar ( baris penggulung),  Batas jendela, 
Toolbar, Baris rumus (formula bar),  Baris.
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada disekitar lingkungan kegiatan belajar yang dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimalisasi hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar (output) namun juga dilihat dari proses berupa interaksi siswa dengan berbagai macam sumber yang dapat merangsang untuk terjadinya proses belajar dan mempercepat penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif terhadap bidang ilmu yang dipelajarinya.
Pemanfaatan sumber belajar dapat dikatagorikan menjadi dua , yaitu sumber belajar yang sengaja dirancang untuk pembelajaran (by design) dan sumber belajar yang dapat langsung dimanfaatkan yang berada dilingkungan tempat kegiatan belajar yang tidak secara khsusus dirancang untuk pembelajaran (by utilization).
Media pembelajaran berperan sebagai “wahana penyalur pesan atau informasi belajar sehingga mengkondisikan seseorang untuk belajar.
Secara umum media memiliki kegunaan yaitu : memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis, mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra, menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar, memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori & kinestetiknya, memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama.
Jenis media menurut Rudy Brets, ada 7 (tujuh) klasifikasi media, yaitu: Media audio visual gerak, seperti: film suara, pita video, film tv. Media audio visual diam, seperti: film rangkai suara, halaman suara, Audio semi gerak seperti: tulisan jauh bersuara,Media visual bergerak, seperti: film bisu, Media visual diam, seperti: halaman cetak, foto, microphone, slide bisu, Media audio, seperti: radio, telepon, pita audio, Media cetak, seperti: buku, modul, bahan ajar mandiri.
Buku   : komputer dan media pembelajaran
Penulis : asran, dkk
RINGSAN MATERI

untuk memenuhi tugas mata kuliah komputer dan media pembelajaran





Oleh
Kristina Estiana
NIM F37009011


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN PENDIDIKAN DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
April  2012




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar