KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN SD
Informasi
adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat. Dengan demikian
berarti tidak semua hasil pengolahan data tersebut dapat menjadi informasi,
hasil pengolahan data yang tidak memberikan makna atau arti serta tidak
bermanfaat bagi seseorang bukanlah merupakan informasi bagi orang tersebut.
Dalam hal ini, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Informasi merupakan hasil pengolahan data
2. Memberi makna atau arti
3. Berguna atau bermanfaat.
Informasi
adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi
penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan.
Secara
sederhana ”teknologi informasi” dapat dikatakan sebagai ilmu yang diperlukan
untuk mengolah informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan
akurat. Isi dari ilmu tersebut dapat berupa prosedur, cara-cara dan
teknik-teknik untuk menumpulkan, menyimpan, mengolah atau menelusuri informasi
secara efisien dan efektif. Dengan kata lain, teknologi informasi adalah
serangkaian tahapan penanganan informasi yang meliputi penciptaan informasi,
pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan transmisi informasi, penerimaan
informasi secara selektif, penyimpanan dan penelusuran informasi, dan
penggunaan informasi.
Komunikasi
pada dasarnya merupakan suatu proses, yaitu suatu proses pengoperan dan
penerimaan lambang-lambang yang mengandung makna. Maksudnya bahwa makna lambang
dalam perjanjian umum, baik oleh pihak pemakai lambang (komunikator) maupun
oleh pihak penerima lambang (komunikan), diartikan sama. Dalam hubungan ini
Schramm (Sudjana dan Rivai, 1989) menjabarkan penegrtian umum komunikasi itu ke
dalam tiga kategori pokok dengan beberapa istilah khasnya yaitu sebagai
berikut.
encoder ( penyandi ) sign/signal ( tanda lambang ) decorder (pemecah sandi).
Teknologi
komunikasi adalah teknologi komunikasi adalah ”peralatan perangkat keras dalam
sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang
memungkinkan setiap individu mengumpulkan, mengolah, dan saling bertukar
informasi dengan individu lain. Dalam hal ini, berarti bahwa teknologi
komunikasi berkaitan erat dengan informasi.
Dilihat
dari masing-masing konsep baik tentang teknologi informasi dan teknologi
komunikasi. Dari kedua konsep teknologi tersebut, ada yang membedakan antara
teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi dianggap
mencakup pengertian yang lebih luas, termasuk sistem, saluran, perangkat keras
dan perangkat lunak dari komunikasi modern. Sedangkan teknologi informasi
merupakan bagian dari pengertian teknologi komunikasi. Akan tetapi, dalam
penggunaan sehari-hari kedua istilah tersebut seringkali diucapkan dalam nafas
yang sama, karena pengertian yang terkandung pada masing-masing istilah
tersebut memang saling berkaitan satu sama lain.
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, sejak lama telah
dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Seperti penemuan kertas, mesin cetak,
radio, video taperecorder, flm, televisi, overhead projector, dan
komputer telah dimanfaatkan dalam proses pendidikan. Pada hakikatnya alat-alat
tersebut tidak dibuat khusus untuk keperluan pendidikan, akan tetapi alat-alat
tersebut ternyata dapat dimanfaatkan dalam proses pendidikan, bahkan dapat
meningkatkan efektivitas dan efisien pelaksanaan proses pendidikan. Selain
alat-alat tersebut, yang pada umumnya tidak dirancang secara khusus untuk
kepentingan pendidikan, tetapi terdapat pula alat-alat yang secara khusus
dirancang untuk kepentingan pendidikan. Baik alat-alat yang tidak dirancang
secara khusus untuk kepentingan pendidikan tetapi dapat dimanfaatkan dalam
proses pendidikan, juga alat-alat yang dirancang secara khusus untuk
kepentingan pendidikan dikategorikan sebagai teknologi pendidikan.
Komputer memiliki perkembangan
yang cukup panjang. Abacus adalah sebuah hitung alat sebagai cikal bakal
lahirnya komputer. Selanjutnya perkembangan komputer lebih dikenal dengan 4
generasi, yaitu generasi yang pertama diperkenalkan pada tahun 1956, generasi
ke dua diperkenalkan pada tahun 1958 sampai dengan tahun 1963. Sedangkan
komputer generasi ketiga diperkenalkan pada tahun 1963 sampai tahun 1971 dan
yang terakhir komputer generasi ke empat diperkenalkan pada tahun 1971 sampai
sekarang. Setiap generasi memiliki karakteristik yang berbeda, yang
perkembangan dari generasi-generasinya semakin canggih dapat memenuhi kebutuhan
hidup para penggunanya.
Cara
yang baik menghidupkan komputer yaitu : (1) terlebih dulu memasang
komponen-komponen komputer seperti mouse, keyboard, monitor dan sebagainya. (2)
menghubungkan komputer dan monitor dengan kabel listrik. (3) menunggu Windows
terbuka (4) Memuali membuka program. Cara mematikan komputer yang benar adalah
: keluar dari program yang sedang digunakan dengan menekan exit, menutup windows
dengan menekan Shut_Down dan setelah Windows tertutup, matikan power monitor.
Dalam bidang
pendidikan, komputer sebagai hasil teknologi modern sangat membuka
kemungkinan-kemungkinan yang besar untuk menjadi alat pendidikan. Khususnya
dalam pembelajaran, komputer dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan
informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik.
Selain itu, komputer dapat juga digunakan sebagai media yang memungkinkan
peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep. Hal ini
sangat memungkinkan, karena komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks,
suara, warna, gambar, gerak, dan video, serta memuat suatu kepintaran yang
sanggup menyajikan proses interaktif.
Terdapat beberapa
model pembelajaran berbantuan komputer, yaitu (1) model latihan dan praktek (drill
and practice), (2) model tutorial (tutorials), (3) model penemuan (problem
solving), (4) model simulasi (simulations), dan (5) model permainan
(games). Untuk itu, agar guru dapat memanfaatkan kemajuan teknologi
informasi dan komunikasi yang berbasis komputer dalam pembelajaran, maka
diperlukan keterampilan dari pihak guru serta sikap positif terhadap kemajuan
tersebut. Mengingat, betapa pun majunya teknologi informasi dan komunikasi berbasis
komputer, senantiasa memerlukan peran guru, sekalipun mengubah peran guru.
|
|
|
|
|||||||
|
|
Komputer
sebagai peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat keras
(hardware)
yang memiliki kemampuan untuk digunakan membantu tugas manusia dengan cara
menerima dan mengolah data yang dimasukkan menjadi informasi berdasarkan
program yang dimiliki, yang kemudian hasilnya ditampilkan atau disimpan atau
dikirimkan melelui perangkat keluar.
Software
merupakan kumpulan program-program yang digunakan untuk menjalankan komputer.
Sedangkan yang dimaksud dengan program adalah serangkaian instruksi atau perintah
kepada komputer yang dilakukan secara sistematis. Sofware dikelompokan ke dalam
dua kelompok, yakni kelompok sistem software dan kelompok sopftware aplikasi.
Kelompok sistem software merupakan software yang digunakan untuk mengendalikan
jalannya komponen sistem komputer yang terdiri dari sistem operasi. Sedangkan
software aplikasi merupakan software yang siap digunakan untuk menjalankan
aplikasi tertentu, yang siap melayani kepentingan umum.
Sumber
daya manusia (brainware) merupakan bagian terpenting dari komponen
komputer dan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam hal ini sumber daya
manusia terlibat dalam berbagai peran, seperti ada yang berpearn sebagai
perancang, pemogram, dan juga sebagai pengguna.
Untuk
memahami MS.Word, Anda harus memahami terlebih dulu beberapa fungsi tombol yang
terdapat pada MS.Word, yaitu : Taskbar, baris judul atau tittle bar, baris menu
atai icon control menu, baris menu, text area, tempat mengolah teks, mouse,
pointer, role penggulung, ruler atau garis dan sebagainya.
Dalam
MS Word terdapat daftar menu, yang di antaranya adalah : menu file, menu edit,
menu view, menu insert, menu format, menu tools, menu table, menu window, dan
menu help. Masing-masing menu tersebut, mempunyai fungsi yang berbeda. Seperti
: menu edit berfungsi untuk mengoreksi, memperbaiki perintah-perintah yang
dilakukan, seperti terdapat Undo, Rendo, Cut, Paste, Paste Special, Find,
Replace, Go To, dan Select All.
Untuk
memulai pengetikan naskah dapat dilakukan dengan cara menekan tombol file,
pilih new, sedangkan untuk membuka file yang sudah ada, dapat dilakukan dengan
memilih file, kemudian open file. Sedangkan menyimpan file pada hardist atau
disket dapat dilakukan dengan memilih menu file, pilih save, kemudian berikan
nama file selanjutnya tekan save.
Mencetak
dokumen dapat dilakukan dengan memilih menu file, kemudian pilih print. Pada
kotak dialog print selanjutnya pilih jenis printer, halaman yang akan dicetak
dan seberapa banyak dokumen itu akan di cetak.
Program
pengolah angka (Excel XP) dapat digunakan untuk kepentingan menghitung jumlah,
mengurangi, membagi, mengalikan angka-angka yang ditulis dalam Spreed Sheet¸
(halaman kerja pada Microsoft Excel). Selian itu juga bisa digunakan untuk
memudahkan penerapan rumus dan statistika seperti untuk mencari rata-rata,
jumlah, membuat grafik dan sejenisnya.
Aplikasi
Microsoft Excel xp memiliki kelebihan dalam hal analysis, kemudahan bahasa
pemrograman, rumus-rumus aplikasi yang mudah dioperasikan, juga tampilannya
yang friendly (bersahabat) dengan user.
Penggunaan
program Microsoft Excel xp sangat membantu kita untuk mempermudah pekerjaan
yang berhubungan dengan analisis data statistik. Melalui pemanfaatan fasilitas
icon dan prosedur yang dimiliki oleh Microsoft excel XP ini, kita dapat membuat
perhitungan dengan rumus statistika mulai dari mencari Rata-rata, Nilai
Tertinggi dan Nilai Terendah.
Microsoft
Excel Xp merupakan program aplikasi spreadsheet yang digunakan untuk
menghitung, menganalisis dan mengolah data dan angka serta membantu kita
mempresentasikan data, selain itu program atau software ini dikembangkan untuk
kemudahan dalam bidang matematika.
Elemen
dasar dari Microsoft Excel Xp adalah
Taskbar, Icon, Icon control menu (control menu
icon), Tombol ukuran (sizing button), Baris judul (tittle bar), Baris menu
(menu bar), Scroll bar ( baris penggulung),
Batas jendela,
Toolbar, Baris
rumus (formula bar), Baris.
Sumber
belajar adalah segala sesuatu yang ada disekitar lingkungan kegiatan belajar
yang dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimalisasi
hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar (output)
namun juga dilihat dari proses berupa interaksi siswa dengan berbagai macam
sumber yang dapat merangsang untuk terjadinya proses belajar dan mempercepat penguasaan
pengetahuan, keterampilan dan sikap positif terhadap bidang ilmu yang
dipelajarinya.
Pemanfaatan sumber
belajar dapat dikatagorikan menjadi dua , yaitu sumber belajar yang sengaja
dirancang untuk pembelajaran (by design) dan sumber belajar yang dapat
langsung dimanfaatkan yang berada dilingkungan tempat kegiatan belajar yang
tidak secara khsusus dirancang untuk pembelajaran (by utilization).
Media
pembelajaran berperan sebagai “wahana penyalur pesan atau informasi belajar
sehingga mengkondisikan seseorang untuk belajar.
Secara
umum media memiliki kegunaan yaitu : memperjelas pesan agar tidak terlalu
verbalistis, mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra,
menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber
belajar, memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan
visual, auditori & kinestetiknya, memberi rangsangan yang sama,
mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama.
Jenis media
menurut Rudy Brets, ada 7 (tujuh) klasifikasi media, yaitu: Media audio visual
gerak, seperti: film suara, pita video, film tv. Media audio visual diam,
seperti: film rangkai suara, halaman suara, Audio semi gerak seperti: tulisan
jauh bersuara,Media visual bergerak, seperti: film bisu, Media visual diam,
seperti: halaman cetak, foto, microphone, slide bisu, Media audio, seperti:
radio, telepon, pita audio, Media cetak, seperti: buku, modul, bahan ajar
mandiri.
Buku : komputer dan media pembelajaran
Penulis : asran, dkk
RINGSAN MATERI
untuk memenuhi tugas mata kuliah
komputer dan media pembelajaran
Oleh
Kristina Estiana
NIM F37009011
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
JURUSAN PENDIDIKAN DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
April 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar